Cegah Konflik di Masyarakat Secara Dini, Kesbanglinmas Bentuk FKDM

209

bayu-panatagamaBadan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Cilegon membentuk Forum Koordinasi Deteksi Dini Masyarakat (FKDM) di setiap Kecamatan se-Kota Cilegon untuk mendeteksi adanya konflik masyarakat secara dini.

Menurut Kabid Linmas Bayu Panatagama,  peran FKDM yang nantinya akan melaporkan kepada Kesbanglinmas, jika terdeteksi terjadinya konflik dilingkungan Masyarakat

“Tujuan di bentuknya FKDM ini untuk mengantisipasi dan menditeksi tetjadinya konflik dilingkungan masyarakat secara dini”ujar Bayu saat menggelar kegiatan sosialisasi Bela Negara, di hotel Bintang Laguna, (27/08).

Bayu juga menjelaskan Rencananya FKDM yang akan diisi oleh para tokoh masyarakat, unsur pemuda dan organisasi kewanitaan

“FKDM kita pilih dari tokoh Masyarakat, unsur Pemuda dan Organisasi kewanitaan”ucapnya.

Dengan adanya FKDM ini akan memperkuat untuk meningkatkan Sosialisasi yang baik secara Demokrasi di tingkat Kecamatan.

“Persoalan konflik dari tingkat kerawanannya dari Wilayah Kecamatan yang padat penduduknya, kan saat ini sedang ada tahapan pada Pilgub Banten dan salah satu penyebab konflik munculnya umbaran dan ujaran nyata maupun terpasang di media sosial”katanya.

FKDM tingkat Kota Cilegon sudah terbentuk dan akan membentuk FKDM ditingkat Kecamatan.

“Sebelumnya FKDM di tingkat Kota Cilegon sudah terbentuk, dan di tahun 2017 nanti pembentukan FKDM di tingkat Kecamatan akan menyusul”Imbuhnya.

(Priadz)