Sidak Disnaker Cilegon ke PT SRI, Ditemukan Banyak Pelanggaran

1219

Sidak Disnaker ke PT SRI

Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan tim pengawas Disnaker Kota Cilegon terhadap PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI) menemukan banyak pelanggaran yang berkaitan dengan ketenaga kerjaan, saat tim Disnaker kota Cilegon yang diketuai Rahmatullah melakukan pengecekan dilokasi PT. Synthetic Rubber Indonesia (SRI) terlihat banyak karyawan yang sedang bekerja, padahal diketahui PT Synthetic Rubber indonesia (SRI) belum pernah sama sekali melakukan laporan ke Disnaker kota Cilegon terkait perekrutan tenaga kerja.

Sayangnya dari pihak Disnaker hanya ditemui oleh Perwakilan PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI) dari bagian Safety Rachman T.Cipto dan Manager Project Kontruksi Mr. Gildas Tenaga Kerja Asing yang berkewarganegaraan Prancis yang ketika diminta menunjukan kelengkapan Dokumennya, Mr. Gildas tidak bisa menunjukan dokumen TKA nya.

Saat diminta penjelasan terkait perekrutan tenaga kerja oleh PT. Synthetic Rubber Indonesia (SRI), Cipto mengatakan tidak begitu mengetahui, karena soal rekrutmen ada pada kewenangan HRD.

“Ada Sekitar 9 Orang yang bekerja dilokasi Site Office PT. SRI, 20 orang bekerja di lokasi Office PT. Chandra Asri, dan di Head Office jumlahnya juga banyak yang bekerja di PT. SRI “ Ucap Cipto.

Ketika ditanya soal kelengkapan Dokumen TKA, Mr. Gildas, Cipto menjawab Dokumennya ada di jakarta karena Mr. Gildas baru seminggu ini ada di Site Office PT. Synthetic Rubber Indonesia (SRI).

Selanjutnya Disnaker Kota Cilegon yang diwakili oleh Rahmatullah dan Muhibin langsung meminta agar Proses Rekrutmen PT. Synthetic Rubber Indonesia (SRI) dihentikan dan semua kegiatan Proses Rekrutmen PT. Synthetic Rubber Indonesia (SRI) dinyatakan tidak sah, karena sudah menyalahi prosedur yang berlaku.

“Kami berikan Surat Panggilan dan Penghentian Rekrutmen tenaga kerja PT. SRI, Hari Senin perwakilan manajemen PT. SRI harus datang ke Disnaker Kota Cilegon untuk klarifikasi persoalan Rekrutmen PT. SRI “ tandas Rahmat kepada perwakilan PT.SRI.

Dan ketika tim Redaksi Bidik banten mencoba menghubungi Romi selaku manager HRD, Romi tidak menjawab, dan saat dikonfirmasi kembali melalui pesan singkat, Romi hanya menjawab “ Kita Sedang Follow Up dgn Disnaker “balas Romi melalui pesan singkatnya.

(Arif)