Musim Penghujan, Waspadai Pemukiman Rawan Longsor

467

rumah rawan longsorSejumlah wilayah di kota Cilegon yang berada di daerah titik rawan seperti di wilayah Batu Bolong Merak dan rumah warga disepanjang wilayah galian C   berpotensi menimbulkan longsor lantaran bangunan rumah yang berdiri dibawah bukit dan diatas bukit yang sudah dipangkas untuk kepentingan usaha pertambangan pasir.

“Sebetulnya kami yang tinggal disekitar wilayah ini maunya sih pindah atau dipindahkan, namun kami tidak ada tempat lain lagi untuk berteduh”ujar warga sekitar.

Seperti di wilayah rumah warga yang berada bawah bukit Batu Bolong Merak dapat berpotensi rawan longsor lantaran posisi rumah mereka tepat dibawah bukit dengan ketinggian sekitar lima ratus meter dari rumah warga.

Potensi daerah  titik rawan longsor lainnya dapat terjadi di daerah Cikerai, Cilegon, kawasan ini dulu adalah hutan di tahun 60-an namun sekarang berubah fungsi menjadi lahan tandus dan menjadi Galian Pasir tipe-C, dimana bukit di papras diambil pasirnya  dan menyisakan kubangan tahah cadas berpasir.

(Zaki)