Menakar Kekuatan Figur Calon Gubernur Banten Pilihan Anda?

1544

Pesta Demokrasi Pilkada Gubernur Banten akan digelar pada 2017 mendatang, hiruk pikuk dukungan  sejumlah Partai Politik pegusung dan manuver masing-masing kandidat Gubernur pun mulai unjuk kekuatan melalui mobilisasi massa,  dan beragam cara lainya dilakukan para kandidat melalui jaringan tim sukses calon yang dengan menggunakan fasilitas  jejaring sosial seperti Facebook.

Tapi sudah seberapa dalamkah kita  mengenal para kadidat calon Gubernur yang akan memimpin Banten 5 tahun mendatang, berikut ulasan tim reportase bidikbanten.com yang berhasil menghimpun profil dan rekam jejak para calon Gubernur Banten periode 2017-2022 yang siap berlaga dalam pertarungan perebutan kepemimpinan di Banten periode mendatang.

Kita mulai dari sang Incumbent, Rano Karno kelahiran  Jakarta pada 8 Oktober 1960 perjalanan karirnya dimulai sebagai seorang aktor, penyanyi, dan sutradara dan pada  2011 Rano mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Gubernur Banten mendampingi Ratu Atut Chosiyah kini si “Doel anak Sekolahan” itu menjabat sebagai Gubernur Banten sejak 12 Agustus 2015. Sebelumnya ia menjabat sebagai  wakil Bupati Tangerang, 2008-2011 dan pelaksana Tugas Gubernur Banten sejak 13 Mei 2014 hingga 12 Agustus 2015 menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang dinonaktifkan karena terkait kasus suap pilkada di MK.

Rano Karno akan maju kembali sebagai calon Gubernur Banten dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 2017. Rano, yang saat ini menduduki kursi Gubernur Banten, sudah mengutus tim suksesnya untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon di kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten.

Andika Hazrumy

lahir di Bandung, Jawa Barat, 16 Desember 1985 silam, doi kini berumur 30 tahun masih menjabat  sebagai Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Golkar. Andika merupakan anak pertama mantan Gubernur Banten Hj. Ratu Atut Chosiyah, sebelumnya pemuda priangan ini menjabat Direktur Utama PT. Andika Pradana Utama, Komisaris Utama PT. Pelayaran Sinar Ciomas Pratama, Komisaris Utama PT. Ratu Bidakara Hotel, Anggota DPD/MPR RI (2009 – 2014) Wakil Ketua Panitia Akuntabilitas Publik (PAP) DPD-RI, Anggota Komisi III DPR-RI (2014 – 2019), Anggota BURT DPR-RI (2014 – 2019), suami dari Ade Rossi Chaerunnisa yang juga sebagai Sekretaris Komisi V DPRD Banten ini  mencalonkan diri maju sebagai Gubernur Banten dengan mencari pasangan pilitiknya dan hingga kini masih kasak-kusuk mendekati sejumlah parpol pengusung dalam Pilgub Banten mendatang.

Wahidin Halim

Pria berpenampilan simpatik ini kelahiran Pinang, Tangerang, Banten  14 Agustus 1954 silam, sebelumnya mantan Walikota Tangerang periode 2003-2013 ini pernah menjadi pengusaha dan dia mengundurkan diri dari jabatan Walikota Tangerang karena  mencalonkan diri sebagai DPR RI 2014-2019 yang digantikan oleh wakilnya Arief Rachadiono Wismansyah.

Berkat UU No.5 tahun 1979 mengantarnya menjadi Pegawai Negeri. Dan saat itulah ia memulai kariernya sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil). Obsesi untuk mengabdi kepada masyarakat merupakan pilihannya, hingga ia tertuntut untuk berbuat lebih banyak lagi bagi masyarakatnya.

Menjadi Sek-Kotif, kemudian Kabag di Kabupaten Tangerang, Camat Tigaraksa, Camat Ciputat, Kepala Dinas, Asisten Pemda Tangerang, Sekda Kota Tangerang, Walikota Tangerang periode 2003-2008,  untuk kedua kalinya menjabat sebagai Walikota periode Tangerang 2009-2013. Itulah sederet perjalanan karier pengabdiannya kepada masyarakat hingga kini. Sebuah perjalanan karier yang barangkali jarang dimiliki orang lain.

Tantowi YahyaTantowi Yahya, lahir di Indralaya, Sumatera Selatan pada 29 Oktober 1960 silam mantan artis ini kini adalah seorang anggota DPR RI dikenal masyarakat luas sebagai pembawa acara kuis Gita Remaja di stasiun televisi nasional pada tahun 1989. kepiawaiannya dalam membawakan acara menempatkan dirinya dalam posisi baru di ranah hiburan Indonesia namaya semakin tenar di acara kuis Who Wants to Be a Millionaire lima tahun berturut-turut sejak tahun 2001 hingga tahun 2006.

Saat ini, Tantowi menjabat sebagai anggota komisi I DPR-RI (2009-2014). Karir politiknya yang melesat membuat namanya santer diberitakan sebagai salah satu calon yang bersiap maju dalam bursa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta 2012 melalui partai Golkar. Sebelumnya, di tahun 2004-2006, dirinya juga terpilih sebagai Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA). Dia berkisah kesuksesan yang telah diraihnya sejauh ini bukanlah dikarenakan gelar akdemis atau kepandaian, melainkan melalui kemampuannya yang baik dalam menjalin hubungan dan komunikasi terhadap orang lain.

Mulyadi Jayabaya, S.E, mantan Bupati Lebak  2003 hingga 2013 ini lahir di Lebak, Banten pada 22 Maret 1957, Mulyadi merupakan ayah kandung Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Mantan Bupati Lebak dua Periode Mulyadi Jayabaya alias JB, lagi-lagi diminta ribuan masyarakat Lebak untuk mencalonkan diri pada ajang pemilihan Gubernu (Pilgub) Provinsi Banten pada tahun 2017 mendatang. dan kini mantan orang nomor satu di Lebak Banten ini akan berlaga dalam kancah Pilgub 2017-2022 mendatang.

 profile_picture

Eden Gunawan

Dikutip dari halam resminya, http://edengunawan.com, Jendral Angkatan Laut Eden Gunawan bersekolah mulai SD hingga SMP di Serang Banten hingga menempuh pendidikan S3 nya di UNIVERSITAS BRAWIJAYA dan sederet karir miiternya hingga dia meraih karir puncaknya sebagai PABAN IV HUBUNGAN LUAR NEGERI SPAMAL. MABESAL TAHUN 2014.

berikut beberapa kutipan Visi misi Eden dalam programnya sebagai calon Gubernur Banten 2017-2022.

-MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DITINGKAT SD, SMP, DAN SMU

-MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT YANG LEBIH BAIK DAN HUMANIS

-MEMFASILITASI PENINGKATAN PEMBANGUNAN PARIWISATA ALAM YANG LEBIH BAIK DAN HIGIENIS

-MENDORONG PENINGKATAN PRODUKSI PERTANIAN DAN TANAMAN KERAS YANG BERKUALITAS DAN BERDAYA SAING TINGGI

-MENDORONG DAN MEMFASILITASI PRODUKSI MPERIKANAN NELAYAN YANG LEBIH BAIK

-MENINGKATKAN PENDAPATAN DARI SEKTOR INDUSTRY  PABRIKAN BAHAN DASAR,  BAHAN BAKU, MAKANAN, PAKAIAN, BANGUNAN, SPERPAT, DAN LAIN – LAIN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN.

Haerul Jaman

Pria kelahiran Serang, Banten, 17 Maret 1968 masih menjabat sebagai Wali Kota Serang sejak 25 Maret 2011 dan terpilih kembali untuk periode 2013-2018. Tubagus Haerul Jaman merupakan adik tiri mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Kendati masih belum secara terbuka mempublikasikan dirinya maju sebagai calon gubernur Banten yang mengikuti karir politik Kakak tirinya (Atut Chosiyah) namun sejumlah dukungan dan poster baligo yang tersebar mengisyaratkan dia akan maju dalam perhelatan Pilgub mendatang dan dia membuktikan keseriusannya dengan menyerahkan formulir Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Provinsi Banten, Walikota Serang ini menyerahkan formulir ke DPC PDIP Kabupaten Serang dengan didampingi oleh pengurus Partai Golkar pada Rabu (9/3/2016).

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Banten Sukira, sudah lima orang calon Gubernur Banten yang mengambil formulir pendaftaran untuk maju melalui Partai PDI Perjuangan dalam memperebutkan jabatan Gubernur Banten periode 2017-2022.

Siapa Gubernur Banten pilihan anda?, tentukan pilihan berdasarkan hati nurani anda dan jangan terjebak dalam kepentingan sesaat sebab pilhan anda akan menentukan masa depan anda dan kita semua yang ada di Banten.

(Kang Dikin)

*Berbagai sumber