Ini 4 Trik Jitu Tarik Pelanggan Bisnis Online

480

trik jitu bisnis online agar menarikSiapa bilang orang terkaya di dunia tak pernah melewati masa sulit dalam hidupnya? Sebagian dari mereka memang telah terlahir dari keluarga yang kaya, namun lebih banyak yang merintis usahanya dari nol. Semangat yang mereka miliki hendaknya kamu jadikan inspirasi untuk terus berusaha keras demi masa depan yang gemilang.

Akses internet yang kini dapat dinikmati oleh hampir semua orang merupakan peluang yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang tengah atau baru digeluti. Bukan hanya menjaring lebih banyak konsumen, namun dengan berbisnis online kamu juga bisa menghemat biaya operasional seperti penyewaan ruko atau toko yang cukup mahal.

Kamu hanya perlu duduk manis sembari mempromosikan produkmu ke khalayak dengan bantuan koneksi internet dan perangkat kesayanganmu. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan sebuah bisnis yang tak begitu menguras waktu. Siapa sih yang tak ingin mendapatkan kemerdekaan waktu dalam menjalankan usahanya?
Meski terlihat mudah, kamu tidak akan bisa sukses menjalankan bisnis online dan mendapatkan banyak konsumen jika tidak melakukan beberapa trik seperti di bawah ini.

Utamakan Pelayanan Prima

Salah satu hal yang membuat seseorang betah untuk berbelanja online adalah pelayanan yang prima. Pelayanan itu bisa beragam jenisnya, jika kamu menggunakan media sosial sebagai platform bisnis onlinemu pastikan bahwa kamu merespon semua komentar yang masuk dengan cepat. Apabila kamu sudah memiliki web hosting tersendiri yang dikelola untuk bisnis online milikmu, maka pastikan web hostingmu memiliki jaringan yang stabil sehingga pelanggan betah berlama-lama mengunjungi websitemu. Jawab semua e-mail dan pertanyaan yang masuk dengan cepat, karena hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi usaha kalian di mata pelanggan. Selain itu pelayanan lain berupa pengiriman barang juga harus dipikirkan baik-baik. Pelanggan tentu akan menggerutu jika barang yang telah ia bayar sampai di tujuan dalam waktu yang cukup lama. Kepuasan pelanggan salah satunya juga bisa diukur dari seberapa cepat barang yang dipesan sampai ke tangan mereka.

Harga yang Kompetitif

Selain pelayanan, harga merupakan hal kedua yang akan dilihat oleh pelanggan. Percuma pelayanan maksimal namun harga jual akan produkmu dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Pelanggan bisa-bisa beralih ke toko online yang lain. Begitu pula sebaliknya, harga murah namun pelayanan kurang baik juga akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan untuk membeli produkmu. Sehingga kamu harus membereskan keduanya. Setelah pelayanan yang diberikan optimal, kamu bisa menentukan harga jual yang kompetitif. Tak perlu merusak harga pasar, tapi kamu juga tak perlu mencari keuntungan yang terlalu besar. Sebab apalah artinya untung besar jika pelangganmu sepi?

Display Website yang Menarik

Ketika kamu memiliki sebuah website untuk bisnis online, pastikan juga desain website yang kamu miliki dapat menarik pelanggan. Sebab mayoritas orang tertarik dengan visual ketimbang kata-kata. Konten juga merupakan hal yang penting dalam menarik minat pelanggan, namun tanpa visualisasi yang menarik pelanggan pada akhirnya akan merasa bosan dan tak akan betah berlama-lama berkunjung ke websitemu. Tidak perlu yang serba heboh, tampilan sederhana namun dilengkapi dengan foto produk atau ilustrasi yang menarik juga cukup untuk ditampilkan.

Testimonial

Hal terakhir yang penting untuk dilakukan agar menjaring banyak konsumen yaitu adalah dengan menampilkan testimonial dari pelanggan-pelanggan yang telah berbelanja sebelumnya. Dengan menampilkan hal tersebut, maka calon pelanggan yang lainnya otomatis akan ikut percaya bahwa bisnis online yang kamu miliki cukup terpercaya dan dengan sendirinya pelanggan yang lain akan mendatangimu.