Stella Maris Gelar Talkshow , Solusikan Pengunaan GADGET ADDICTED Pada Anak

425

stella maris 2Jika Anda adalah orang tua, pernahkah Anda mengalami hal-hal berikut ini?Anak  Anda  banyak menghabiskan  waktunya  dengan  gadget  hingga  sering  lupa waktu  untuk  makan,mandi bahkan belajar.

Anak Anda baru akan berhenti membuat ulah di rumah atau di luar rumah jika sudah diberikan gadget.

Anak Anda begitu takut jika gadget-nya disita.  Jika hal tersebut terjadi pada keluarga  Anda,  maka timbul pertanyaan “Apakah anak Anda sudah masuk dalam golongan  GADGET ADDICTED?”Seiring dengan berkembangnya jaman, teknologi  pun ikut  berkembang,  penggunannya pun beragam mulai dari anak balita, remaja hingga orang dewasa.

Kemajuan teknologi membuat setiap penggunanya dipermudah dalam pencarian berbagai jenis informasi.

Bertambahnya pengguna gadget dibawah umur membuat bertambahnya kasus-kasus yang melibatkan anak-anak mulai dari  cyber bullying, pelecehan seksual,  dan  masih  banyak  lagi.

Sebagai  bentuk  kepedulian  Stella  Maris School,  salah  satu  sekolah terbaik  Serpong mengangkat  isu-isu yang hangat  dikalangan orang tua dalam sebuah Parenting Talk Show bertajuk  “Raising Children in  Digital  Era” yang diadakan pada  Sabtu,  19  September  2015 diAuditorium Getsemani, Stella Maris School Gading Serpong.

Dengan mengundang pembicara  Elizabeth T. Santosa, seorang psikolog anak dan keluarga, kami ingin berbagi  ilmu bagaimana mendidik  anak untuk bijak dalam penggunaan gadget.  Dalam talk show inibanyak hal yang dibahas selain dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget, seperti usia tepat bagi seorang anak untuk menggunakan gadget hingga bagaimana mengatur anak agar tidak memiliki kecanduan terhadap gadget  dengan berbagai  langkah. Seperti yang dikatakan oleh Ms.  Lizzie bahwa“Gagdet bukanlah musuh manusia. Gadget merupakan alat bantu untuk meningkatkan kreativitas anak.

stella maris 3

Hanya saja orang tua yang harus bijak dan tegas akan aturan penggunaan gadget pada anak terutama untuk menghindari adiksi.

”Antusias para peserta pun mewarnai sesi  tanya jawab langsung pada narasumber.  Adapun beberapa pertanyaan yang tidak sempat  terjawab maka peserta  diberikan fasilitas  untuk dapat  menuliskannya pada  kertas  yang sudah disiapkan oleh  panitia dan  nantinya  akan dijawab langsung oleh  Ms.  Lizziemelalui e-mail.Acara ini pun berjalan dengan lancar atas kerjasama yang baik antara sekolah dan asosiasi orang tuamurid Stella Maris, dimana modetornya pun adalah Ibu Taty yang merupakan Ketua Forum Orang Tua Siswa (FORSIS).

Dan beberapa orang tua murid lagi yang turut membantu dalam melancarkan acara ini.Tujuan kami mengadakan acara ini adalah kiranya menjadi sebuah kepedulian masyarakat akan dampak yang mungkin terjadi jika orang tua membiasakan anak untuk bermain gadget di usia dini tanpa ada pengawasan langsung dari orang tua, dan orang tua pun diharap bisa memberikan teladan yang baik bagi anak-anak karena anak lebih cepat belajar dengan melihat lingkungan sekitarnya.

Stella Maris secara konsisten berkomitmen membangun Generasi Platinum untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Generasi yang tidak hanya smart,  global dan memiliki jiwa entrepreneur tetapi juga merupakan generasi yang bijak dalam menanggapi perkembangan teknologi  dan menggunakannya untuk pengembangan diri.

Stella  Maris  juga aktif dalam menggalakkan Program Platinum Triangle dimana orang tua turut serta aktif dalam perkembangan dan pendidikan anak baik secara akademis maupun non-akademis melalui berbagai kegiatan bermanfaat yang melibatkan orang tua.

Stella Maris– School of Future Entrepreneurs.

RILIS