HUT TNI, Dermaga 5 Pelabuhan Merak Dipastikan Tutup 6 Jam

592

Pada peringatan hari ulang tahun TNI yang akan dipusatkan di pelabuhan Indah Kiat Merak, kota Cilegon pada 5 oktober mendatang, Dermaga lima Pelabuhan Merak dipastikan akan ditutup selama kurang lebih hingga 6 jam.

Dihari pelaksanaan HIT TNI, Dermaga 5 tidak akan dioperasikan, lantaran akan dijadikan lokasi sandar kapal KRI milik TNI angkatan laut dan landasan mendaratnya Helikopter Presiden Joko Widodo yang akan menghadiri kegiatan perayaan HUT  TNI.

Manager operasinonal PT. ASDP cabang Merak, Nana Sutisna mengatakan, selama pelaksanaan perayaan HUT TNI yang dipusatkan di pelabuhan indah kiat, dermaga 5 akan ditutup.

“ Kita menjamin pelayanan penyeberangan penumpang berjalanan normal, karena dermaga 5 yang dipusatkan untuk kendaraan yang ditutup ini, masih ada 4 Dermaga” ujarnya.

Nana menambahkan, penutupan juga dilakukan mengingat kapal penyeberangan tidak dapat sandar karena nantinya dermaga 5 bakal menjadi lokasi sandar kapal KRI milik TNI angkatan laut yang akan digunakan untuk demonstrasi pertempuran laut dan udara di sekitar perairan laut Merak sehingga pihaknya terpaksa menutup dermaga tersebut.

“akibat penutupan ini, kapal yang biasanya beroperasi sebanyak 28 perharinya akan ada pengurangan empat hingga lima kapal yang bersandar di dermaga tersebut, hal ini dilakukan pihak pengelola pelabuhan setelah melakukan koordinasi dengan pihak gapasdaf dan pangkalan TNI angkatan laut banten, untuk mendukung kelancaran peringatan HUT TNI yang akan berlangsung pada lima oktober mendatang” tambah Nana.

Reportase: A Fernando