Pemkot Cilegon Akan Pertahankan Pulau Merak Besar Dari Perluasan Dermaga

2369-img_1311Rencana Pemerintah pusat yang akan melakukan perluasan area dermaga Pelabuhan Merak di kota Cilegon, diharapkan tidak merusak keberadaan pulau Merak besar yang selama ini menjadi benteng alam wilayah pesisir.

Pemerintah kota Cilegon mengaku akan mempertahankan keberadaan pulau Merak besar meski mendukung rencana perluasan area pelabuhan yang saat ini sedang digagas Pemerintah pusat.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) kota Cilegon, Abdul Hakim Lubis yang menyikapi gagasan perluasan area dermaga Pelabuhan Merak oleh Pemerintah pusat melalui kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, Lubis mengaku akan mendukung keputusan pembangunan perluasan kawasan pelabuhan.

“Hingga saat ini, saya masih menunggu langkah koordinasi yang ditempuh oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan”ujar Lubis.

“Langkah koordinasi antara Pemerintah pusat dan Pemerintah kota Cilegon sangat perlu dilakukan mengingat masih belum sejalannya rencana pembangunan yang akan mengorbankan Pulau Merak besar menjadi lahan area Pelabuhan dan dibangunnya dermaga di Pulau Merak besar” ujarnya.

Lubis berharap, perluasan area dermaga Pelabuhan Merak dilakukan pengkajian terlebih dahulu agar diketahui dampak dari dihilangkannya Pulau Merak besar, “selama ini keberadaan pulau Merak besar merupakan Pulau pertahanan yang menjadi benteng alam warga masyakarat sekitar pesisir pantai Pulomerak” ketusnya.

Sementara itu, diketahui rencana Pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan akan membangun sepuluh dermaga di kawasan areal Pelabuhan Merak yang salah satunya pembangunan dermaga di kawasan Pulau Merak besar sebagai perluasan areal Pelabuhan.

Reportase: A Fernando