Tak Laik Jalan, Puluhan KendaraanTruk Terjaring Razia

257

APuluhan truk pengangkut barang industri yang melintas di kawasan jalan raya anyer-kota Cilegon, tepatnya di pasar Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, kota Cilegon diamankan petugas.

Puluhan truk yang dirazia petugas gabungan dari Dinas Perhubungan dan Kepolisian tersebut terpaksa diamankan lantaran dari hasil pemeriksaan petugas tidak sedikit ditemukan kendaraan tak laik operasi akibat banyaknya bagian kendaraan yang sudah mengalami kerusakan.

Tak hanya truk-truk besar, kendaraan mobil box dan bak terbuka pun tidak luput dari pemeriksaan petugas. dalam razia tersebut, sejumlah kendaraan yang terjaring umumnya adalah milik sejumlah perusahaan diwilayah tersebut.

Para pengendara pun diperiksa kelengkapan surat kendaraannya tidak hanya surat-surat kendaraan, sejumlah bagian komponen kendaraan dan muatan juga turut diperiksa petugas.

Kepala seksi pengendalian operasional pada Dinas Perhubungan kota Cilegon, Faturohman mengaku, dari hasil razia tersebut, tidak sedikit petugas menemukan kendaraan yang surat uji kir nya sudah mati yang juga meliuputi kendaraan yang sudah tidak layak operasional akibat rusaknya sejumlah bagian komponen mobil seperti rem yang sudah tidak berfungsi, ban yang sudah nyaris pecah hingga lampu dan klakson yang sudah tidak berfungsi sebanyak 17 unit kendaraan truk. Dan 6 unit kendaraan tidak memiliki izin angkutan.

Fatur  juga menambahkan razia gabungan kali ini dilakukan guna menjaring sejumlah kendaraan yang tidak memperhatikan kelayakan operasional kendaraan sehingga pihaknya terpaksa harus memberlakukan tilang agar mobil segera kembali diuji kelayakan jalannya.

Selain itu, para pemilik kendaraan angkutan barang baik perusahaan maupun pribadi diharapkan tidak lagi menyepelekan  soal kelaikan operasional kendaraan yang dimiliki, mengingat kelaikan oeprasional kendaraan dapat  berdampak besar yang dapat berimbas langsung pada keselamatan banyak pihak.

Reportase: Muchtadim