Libur Panjang, Kendaraan Pribadi Memadati Pelabuhan Merak

198
Suasana Kendaraan Pribadi Mengantre Di Dermaga 3 Pelabuhan Merak
Suasana Kendaraan Pribadi Mengantre Di Dermaga 3 Pelabuhan Merak

Libur nasional kenaikan Isa Almasih yang jatuh bertepatan di akhir pekan dengan libur Nasional Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, berdampak pada kepadatan aktivitas penumpang di Pelabuhan Merak, kota Cilegon. kepadatan kendaraan pribadi lebih mendominasi  di area pelabuhan dibandingkan dengan jumlah penumpang pejalan kaki yang akan memanfaatkan waktu libur panjangnya hingga minggu mendatang.

Di area kawasan dermaga Pelabuhan Merak Banten, sejumlah antrean kendaraan pribadi terlihat memadati areal kantong parkir di sejumlah dermaga, kendaraan pribadi juga terlihat mendominasi antrean angkutan pada liburan panjang akhir pekan ini.

Kepadatan penumpang dari kendaraan pribadi jumlahnya mengalami peningkatan seperti hari-hari biasanya yang terjadi sejak kamis malam, hingga jumat pagi dibanding dengan penumpang pejalan kaki.

Salah seorang penumpang, jhoni mengaku akan menghabiskan masa liburan panjang di tanjung karang lampung, karena jarak libur nasional yang berdekatan dan memilih memanfaatkan waktu libur untuk berkunjung ke sanak keluarga serta dapat berwisata.

Pantauan dilapangan, kepadatan penumpang tidak hanya terjadi pada peningkatan kendaraan pribadi sejumlah kendaraan truk ekspedisi pun terlihat terjebak antrean di pelabuhan merak menunggu kapal sandar.

Data di kantor PT. ASDP Indonesia Ferry cabang merak menyebutkan, sebanyak 3641 penumpang pejalan kaki, 1239 kendaraan roda dua, dan 1791 kendaraan pribadi telah diseberangkan. data tersebut meningkat dua puluh persen bila dibandingkan hari biasanya. untuk mengatasi lonjakan penumpang, kantor PT. ASDP menyiapkan dua puluh delapan kapal dan lima dermaga yang ada di pelabuhan Merak.

Reportase: A Fernando