MADRASAH SEBAGAI PENYEIMBANG ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA

dokumentasi foto: Firda R
dokumentasi foto: Firda R

Kamis, 30 April 2015.

Pendidikan menjadi elemen penting bagi kemajuan daerah, khususnya di Kota Serang. Pendidikan kini sudah menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi bagi setiap orang. Seperti pepatah mengatakan “kejarlah ilmu sampai ke negeri China”, begitulah seharusnya Banten bercermin pada pepatah “kolot” tapi sarat akan makna.

Madrasah sebagai salah satu elemen pelaksana pendidikan, punya peran penting bagi kemajuan pendidikan di Banten. Madrasah Expo 2015 memberi “titik terang” bagi para stakeholder pendidikan untuk lebih mengembangkan minat dan bakat, serta sejumlah prestasi yang dihasilkan siswa-siswa madrasah. Hal ini juga sesuai dengan implementasu kurikulum 2013, yang tidak hanya mengedepankan ilmu pengetahuan, tapi pendidikan agama juga penting dalam membentuk perilaku siswa yang berkarakter.

“Sesuai motto yang diusung madrasah yakni: Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah. Kami (MDC) berharap madrasah ke depannya akan menjadi ikon bagi kemajuan pendidikan di Banten.” Ungkap Asep, panitia Madrasah Expo 2015, ketika diwawancarai bidikbanten.com, perihal acara dan hubungannya dengan Hardiknas.

Sementara itu, salah satu staf MAN 2 Kota Serang menyatakan pendapatnya bahwa agama menjadi komponen penting dalam membangun pendidikan, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia pemeluk Islam.

Reportase: Firda

Editor: RQ