Polda Banten Tempatkan Perwira Menengah di Pelabuhan Merak

315

brigjen boyPersiapkan kelancaran angkutan lebaran 2015 pihak Angkutan Sungai dan Pelabuhan (ASDP) menggelar koordinasi dengan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Banten guna mempertahankan dan meningkatkan keamanan di pelabuhan.

Tidak tanggung-tanggung pihak Polda Banten akan menyiagakan perwira menengahnya untuk bertugas di pelabuhan Merak.

Jelang dilaksanakannya angkutan lebaran pada Juli mendatang, pihak Polda Banten menggelar koordinasi persiapan pelabuhan dengan jajaran pihak ASDP, gapasdaf, ksop, balai karantina dan kantor kesehatan pelabuhan Banten, untuk membahas kesiapan dan evaluasi pelaksanaan pengaturan dan manajemen lalu lintas dan keamanan angkutan lebaran.

Untuk itu, jembatan mempercepat koordinasi keamanan pihak pelabuhan merak dengan Polda Banten dalam menghadapi persiapan angkutan lebaran 2015 tidak hanya bertumpu pada Polsek kawasan Pelabuhan Merak.

Mulai bulan ini, Kapolda Banten, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, akan menempatkan perwira menengah dari divisi pengamanan obyek vital pam obvit Polda Banten, untuk menjembatani dan mempermudah koordinasi pihak pelabuhan merak dengan kepala kepolisian daerah setempat.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Cabang Merak, Yanus Lentenga mengatakan, terkait pengamanan sejumlah titik di kawasan pelabuhan pihaknya meminta agar kepolisian dapat menjalankan dan mempertahankan rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan nantinya, sehingga kepadatan dan penumpukan pada musim angkutan lebaran tidak terjadi seperti pada tahun sebelumnya.

“Rapat koordinasi dengan pihak kepolisian disiapkan jauh hari untuk mengantisipasi sejumlah kemungkinan masalah yang dapat terjadi nantinya,” ujar Yanus Lentenga.

Ini mengingat libur lebaran tahun ini sesuai kalender akan jatuh di hari kerja dan pertengahan bulan yang memungkinkan terjadinya penumpukan penumpang yang berbeda dengan musim angkutan lebaran ditahun lalu.

Reportase: A. Fernando