Hasil Pertemuan Bersama Para Kepala Negara Akan Ditindaklanjuti di Tingkat Menteri

205

jokowiSeluruh hasil KTT APEC, KTT ASEAN dan KTT G20, akan Presiden Jokowi paparkan kepada seluruh anggota Kabinet Kerja. Termasuk kesepakatan hasil pertemuan bilateral dengan pemimpin negara sahabat yang berlangsung di sela-sela tiga kegiatan tersebut.

Kepada para menteri terkait, diberi tugas untuk menindakalanjuti sesua kapasitas masing-masing kementerian. Pemaparan akan disampaikan Jokowi dalam rapat kabinet yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 13.00 WIB, Senin (17/11/2014), di Kantor Presiden.

“Rapat kabinet besok mendengarkan rangkuman dari Ibu Menlu (Retno Lestari Priansari Marsudi) tentang hasil-hasil KTT, kemudian Presiden akan memberikan PR kepada menteri-menteri terkait untuk segera menindaklanjuti,” ungkap Seskab Andi Widjajanto di Bandara Halimperdanakusuma, Jakarta, Ahad (16/11/2014).

Andi yang menyertai Jokowi dalam perjalanan ke luar negeri, mengatakan bahwa sangat banyak yang harus cepat ditindaklanjuti oleh pemerintah. Serangkaian pertemuan bilateral menghasilkan kesepakatan investasi di proyek jalan raya, rel kereta api, pembangkit listrik dan maritim.

“Dengan Turki dan Prancis memberi tawaran konkret. Mendag melaporkan ada 12 kesepakatan dihasilkan di Beijing (dalam KTT APEC -red),” sambung Andi.

(Met)