Tabloid “Jokowi Sang Pendusta” Beredar hingga ke Pegunungan

159

Ketua Pembina Tim Pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla Tasikmalaya, Ade Sugianto, mengatakan, tabloid berisi tulisan hujatan kepada calon presiden Joko Widodo juga beredar di daerah pegunungan di Kecamatan Bojong Gambir, Kabupaten Tasikmalaya.

“Tabloid itu ditemukan di daerah terpencil dan pegunungan Kecamatan Bojong Gambir, Tasik. Malahan info yang saya dapat, tabloid itu edisi ketiganya,” kata Ade kepada wartawan di Sekretariat Pemenangan Jokowi-JK Tasikmalaya, Selasa (10/6/2014).

Saat ini, kata Ade, pihaknya masih terus mengumpulkan bukti-bukti penyebaran tabloid tersebut. Sementara untuk pelaporan dugaan black campaign telah dilayangkan ke Bawaslu oleh tim pemenangan pusat.

“Kalau di sini kita melakukan penarikan penyebaran tabloid ini di masyarakat. Untuk laporan sudah ke Bawaslu pusat langsung,” kata Ade.

Namun demikian, setelah nantinya terkumpul bukti dan para saksi, Ade bersama timnya pun akan melaporkan kembali hal ini kepada lembaga pengawasan pemilu setempat.

Menurut Ade, adanya kejadian ini dinilai sebagai bentuk penerapan pendidikan politik di masyarakat yang sangat buruk. “Ini bukti bahwa pendidikan politik masyarakat di kita buruk,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, bentuk kampanye hitam yang menyudutkan Joko Widodo masih ditemukan di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya. Dalam gambar tabloid wajah capres nomor satu itu terlihat jelas dengan hidung yang panjang bak pinokio.

(kompas.com)