Ratusan Personel Polisi dan TNI Amankan Acara Debat Capres di Hotel Grand Melia Jakarta

152

Sebanyak 913 personel polisi dan TNI dikerahkan untuk mengamankan acara debat kedua calon presiden di Grand Melia, Jakarta Selatan, Minggu (15/6/2014).

“Jumlah ini lebih banyak dari acara sebelumnya,” ujar Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Wahyu Hadiningrat di lokasi, Minggu sore.

Personel pengamanan tersebut berasal dari berbagi satuan di Polri dan TNI, yakni Brimob, Sabhara, Intel, Reserse, Pengamanan Obyek Vital, K-9, dan personel TNI.

Wahyu mengatakan, sejumlah personel itu tidak seluruhnya dikerahkan di seputar lokasi debat. Hanya 400 personel yang berada di lokasi. Sisanya akan berjaga-jaga di dekat lokasi debat untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan, personel keamanan telah menyisir tiap titik acara sebagai langkah antisipasi bahan peledak. Hasil penyisiran dinyatakan aman. “Kami juga tidak hanya jagain debat, ya. Kami juga mengamankan pengunjung dan lalu lintas,” kata Wahyu.

Tidak seperti debat pertama yang mempertemukan pasangan calon presiden dan wakil presiden, debat kedua kali ini hanya mempertemukan capres, yakni Prabowo Subianto dan Joko Widodo.