KPU Gelar Debat Perdana Capres-Cawapres Besok

144

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana calon presiden dan wakil presiden 2014 pada Senin (9/6). Rangkaian debat yang dijawdwalkan sebanyak lima kali, akan diawali dengan debat pasangan capres dengan tema ‘Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum’.

“Komposisi debatnya, dua kali debat pasangan, dua kali debat capres, dan satu kali debat cawapres. Besok diawali debat pasangan capres-cawapres, dan rangkaian debat juga akan ditutup debat pasangan,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Ahad (8/6).

Komposisi debat tersebut menurutnya memang mengalami perubahan. Mulanya KPU menjadwalkan debat pasangan capres-cawapres dilakukan satu kali. Sementara debat capres dua kali, dan debat cawapres sebanyak dua kali.

Namun, atas permintaan dan diskusi dengan tim kampanye kedua pasangan calon diputuskan komposisi menjadai debat pasangan, debat capres dua kali, debat cawapres, dan diakhiri debat pasangan capres-cawapres.

Debat perdana, menurut Ferry akan dilangsungkan di Balai Sarbini, Jakarta, diikuti pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Acara debat akan disiarkan langsung oleh tiga stasiun televisi swasta yakni SCTV, Indosiar dan Berita Satu TV.

Debat dengan tema ‘Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum’ itu akan dipimpin Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar, Zainal Arifin Mochtar. Debat dengan durasi dua jam itu akan dimulai pukul 18.30 WIB.

“Tidak ada panelis, jadi nanti moderator akan memberikan pertanyaan dan kedua pasangan menjawab. Lalu akan ada diskusi dipimpin moderator,” jelas Ferry.

Selanjutnya, pada 15 Juni 2014 KPU akan menggelar debat kedua. Kali ini, hanya debat antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo sebagai capres. Dengan tema “Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial”. Debat akan disiarkan Metro TV dan Bloomberg TV.

Debat ketiga akan berlangsung pada 22 Juni 2014. Debat kembali dilakukan antara capres Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Temanya, “Politik Internal dan Ketahanan Nasional” dan disiarkan TV One dan ANTV.

Debat keempat merupakan satu-satunya debat antara calon wakil presiden Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Dilangsungkan pada 29 Juni dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK. Dan disiarkan RCTI, MNCTV dan Global TV. Debat terakhir, lanjut Ferry, dijadwalkan pada 5 Juli 2014. Debat akan diikuti pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Tema yang diangkat tentang “Pangan, Energi, Lingkungan”. Akan disiarkan TVRI dan Kompas TV.

Debat penutup, menurut Ferry, sekaligus menandai berakhirnya masa kampanye pilpres. Yang telah dimulai sejak 4 Juni 2014 lalu. Debat antara kedua pasangan capres diharapkan bisa menjadi ajang untuk menyajikan pertarungan ide dan gagasan bagi kedua calon pemimpin negara Indonesia ke depan. Sekaligus menjadi pertimbangan bagi pemilih untuk menyalurkan hak suaranya pada 9 Juli 2014 nanti. (ROL)