Visi Misi Jokowi dan Prabowo Hampir Sama

131

Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan pemilihan umum presiden (Pilpres) 2014 ini menimbulkan antusiasme politik masyarakat yang tinggi.

“Pemilu presiden kali ini yang sangat menimbulkan antusiasme besar sambil merasakan deg deg plas, karena pasangan yang muncul diluar pikiran. Ternyata dari 10 partai politik tidak terjadi 3 atau 4 calon capres cawapres, tetapi 2 calon saja,” kata Siti Zuhro dalam diskusi politik di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/5/2014).

Menurut Siti, para pasangan capres dan cawapres akan berupaya maksimal untuk memperebutkan suara rakyat. Para capres juga berlomba menyampaikan visi dan misi mereka. Siti mengatakan ada kemiripan visi dan misi capres Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dalam rencana pembangunan negara selama tahun kedepan.

“Kedua calon ini memperebutkan suara masyarakat, mereka berlomba, tidak hanya membujuk rakyat tapi juga berkompertisi supaya masyarakat memahami betul visi misinya. Dalam konteks itu, catatan kita bahwa, baik Jokowi-JK maupun Prabowo-Hatta punya visi misi yang tidak jauh beda. Nyaris sama, karena berasal dari ajaran Bung Karno,” ujar Siti.

(Ttd)