Jika Prabowo Jadi Presiden, Akan Cabut Subsidi BBM Orang Kaya

336

Juru Debat Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Viva Yoga Mauladi, mengatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Hatta akan mengurangi subsidi bahan bakar minyak jika terpilih. Pengurangan subsidi ini akan dikhususkan bagi masyarakat kaya.

Mekanismenya, kata Viva, akan melalui pajak dan cukai sehingga diharapkan subsidi energi akan lebih tepat sasaran dan berkeadilan. Namun hingga kini Prabowo-Hatta tengah mencari formula teknis untuk menerapkan kebijakan pajak dan cukai tersebut.

“Sedang digodok agar tidak membebani masyarakat dan berprinsip keadilan,” kata Viva saat dihubungi, Selasa, 27 Mei 2015. Pertimbangan pengurangan subsidi ini karena melihat kenyataan bahwa subsidi BBM salah sasaran. “Masih banyak orang kaya yang menikmati. Mereka tidak sadar itu bukan haknya,” tuturnya.
Seiring dengan pengurangan subsidi BBM, kata Viva, pasangan Prabowo-Hatta juga akan memperluas program konversi BBM ke gas dan energi terbarukan. “Energi terbarukan sampai sekarang belum digarap serius oleh pemerintah,” kata Viva.