Inilah Perbedaan dan Persamaan Deklarasi Jokowi dan Prabowo

472

Usai sudah teka-teki siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi calon presiden Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto. Dua tokoh ini akhirnya mendeklarasikan masing-masing cawapres mereka pada hari yang sama, Senin (19/5/2014).

Joko Widodo atau Jokowi mendeklarasikan mantan wakil presiden Jusuf Kalla sebagai cawapresnya. Sedangkan Prabowo mendeklarasikan mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa sebagai pendampingnya.

Kendati memilih hari yang sama, namun terlibat perbedaan mencolok antara deklarasi Jokowi-JK dengan deklarasi Prabowo-Hatta.

Berikut beberapa perbedaannya:

Jokowi- JK mendeklarasikan diri sebagai pasangan capres-cawapres di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat. Pembawa acara yang juga politisi PDIP Rieke Dyah Pitaloka menyebut, Gedung Joang merupakan tempat proklamator Bung Karno menggembleng pemuda-pemuda penerus bangsa.

Prabowo-Hatta mendeklarasikan diri mereka di Rumah Polonia di Jalan Cipinang Cempedak I No 29, Otista, Jakarta Timur. Rumah ini bekas tempat tinggal Bung Karno.

Deklarasi Jokowi-JK di atas panggung kecil dan terbuka. Tidak ada tenda. Selain Jokowi, JK dan istri mereka, semua peserta deklarasi berdiri di bawah panggung beratap langit.

Deklarasi Prabowo-Hatta di dalam tenda besar bernuansa merah putih. Para petinggi partai pendukung duduk di kursi berbungkus kain putih yang ditandai dengan nama partai masing-masing.

Saat deklarasi Jokowi-JK diiring lagu Padamu Negeri. Sedangkan deklarasi Prabowo-Hatta dimulai dengan lagu Indonesia Raya.

Saat deklarasi Jokowi-JK, tidak semua petinggi hadir di Gedung Joang. Sebagian menunggu di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Rumah Mega sekaligus menjadi tempat pertemuan petinggi partai koalisi yang dipimpin PDIP sebelum deklarasi.

Sementara saat deklarasi Prabowo-Hatta, semua petinggi partai pendukung hadir. Termasuk petinggi Partai Golkar yang bergabung dengan koalisi Partai Gerindra saat detik terakhir.

Saat deklarasi, Jokowi-JK hanya berpidato singkat. Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta menghabiskan puluhan menit untuk berpidato.

Sebelum deklarasi, Jokowi-JK makan siang bersama di warung Soto H Ma’ruf di Taman Ismail Merdeka. Sedangkan Prabowo-Hatta masuk berbarengan ke tempat deklarasi.

Usai deklarasi, Jokowi-JK menggenggam Bendera Merah Putih ke dada mereka dan menciumnya. Sementara pasangan Prabowo-Hatta tidak.

Pasangan Jokowi-JK tidak berpeci atau mengenakan topi. Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta mengenakan peci hitam.

Pernyataan yang disampaian Jokowi-JK tanpa teks. Sementara Prabowo sempat membaca teks dengan menggunakan secarik kertas, sedangkan Hatta tanpa teks.

Tidak hanya perbedaan, kedua pasangan juga memperlihatkan persamaan, yakni:

Kedua pasangan sama-sama mengenakan kemeja putih. Namun beda style. Jokowi-JK menggulung lengan kemejanya. Sedangkan Prabowo-Hatta tidak menggulung lengan kemejanya.

Acara deklarasi juga sama-sama dipandu artis terkenal. Jokowi-JK dipandu Rieke Dyah Pitaloka. Prabowo-Hatta dipandu Desi Ratnasari.

(Liputan 6)