Jadi Orang Nomor 2 Di ASDP Merak, Nana Pegang 4 ‘AS’

339

Menjadi orang nomor dua di sebuah perusahaan di perusahaan Negara sekelas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak merupakan anugerah sekaligus amanah yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh bagi Nana Sutisna, terlebih lagi dirinya selain sebagai putera daerah juga merupakan cucu dari salah seorang pejuang Cilegon (Alm) KH. Ali Jaya. Ditemui disela-sela kesibukannya, pria energik berusia 43 tahun ini bicara blak-blakan seputar jabatan yang baru sekitar 8 bulan didudukinya.

Awalnya ia tak menyangka sama sekali kalau dirinya terpilih dan dipercaya untuk menjabat sebagai Manager Operasional Di PT ASDP Merak, ia mengaku rekam jejak karirnya dimulai dari Nol yang dijalankan sesuai dengan petuah dan wejangan sang ibu yang selalu menjadi sumber inspirasi hidupnya, “waktu saya pertama kerja, ibu saya hanya berpesan “Na, kalau nanti kamu kerja kerjalah dengan Ikhlas” ucapnya menirukan pesan ibunya waktu itu.

Berawal dari mimpi ingin berbuat yang terbaik untuk lingkungan sekitar dan berbekal prinsip hidup yang selalu ditiupkan oleh kedua orang tua, akhirnya Nana menapaki karirnya dilingkungan kerjanya di PT ASDP, mulai dari pesuruh, pegawai rendahan lantas dipercaya sebagai koordinator ditempatnya bekerja ia jalani dengan penuh semangat dan keikhlasan sampai sekarang menjadi orang nomor dua di PT ASDP kelas utama.

“Prinsip kerja yang saya jalani dalam berkarir cuma 4 AS, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan terakhir kerja tuntas, 4 AS itu menjadi kunci pokok saya selama ini, jadi ketika saya sudah melakukan kerja keras harus dibarengi dengan kecerdasan dan setelah membuahkan keberhasilan dari kecerdasan yang saya kerjakan tersebut lantas saya harus bisa ikhlas dan yang terakhir saya harus bisa menuntaskan pekerjaan saya” terangnya.

Baginya jabatan bukan kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, kendati jabatan strategisnya dibagian operasional pelabuhan bertaraf nasional, namun pesan sang ibu yang  selalu mewanti-wanti agar mau meladeni dan membuka diri terhadap siapa saja tamu yang menghubunginya selalu ia terapkan dalam prinsip kerjanya, “makanya HP saya selalu aktif 24 jam dan siapa saja yang menghubungi saya pasti saya angkat, siapapun dia” Pungkasnya.

(Abie Aksa-BBO)