AKBP Umar Surya: Zero Crime, FKPM Dan OBVIT

922

Pasca dilantiknya AKBP Umar Surya Fana, SH, SIK, MH sebagai Kapolres Cilegon 2 tahun yang lalu atau tepatnya  pada Jumat 29 Oktober 2010 silam, banyak gebrakan dan program pencapaian yang telah dilakukannya. Tak sedikit orang yang dibuatnya tercengang dengan keberanian dan ketegasannya dalam memimpin, hal ini dapat dilihat dari grafik indeks tingkat kriminalitas yang berhasil diturunkannya.

Pria  penganut faham Positifisme dalam keseharian tugasnya  ini selain dikenal tegas  dalam menindak, juga punya beberapa pola dan sistem yang dia terapkan dalam menangani sistem keamanan dikota baja ini. Saat disambangi  Wartawan Bidik Banten Online diruangan kerjanya, AKBP Umar memaparkan beberapa kiatnya dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat kota Cilegon.

“Mengenai pencapaian keamanan  di wilayah hukum polres cilegon, yang menjadi target kami adalah situasi keamanan menjadi Zero Crime, namun  hal itu tidak mungkin, sebab yang namanya kejahatan pasti akan tetap ada. tapi yang pasti kami akan meminimalisir  tingkat kejahatan dengan menerapkan pola preventif, yaitu dengan melakukan pendekatan ke masyarakat dengan membentuk lembaga Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) yang belum lama ini terbentuk  dan menempatkan pola  1 polisi 1 Desa atau Kelurahan” kata Umar dalam sebuah perbincangan beberapa waktu lalu..

Dan untuk pemetaan keamanan dalam setiap wilayah, lanjut Umar, pihaknya mempetakan sedikitnya ada 3 wilayah atau zona ekslusif keamanan yang menjadi skala prioritasnya, yaitu  wilayah industri yang ditangani oleh satuan Obvit, “satuan pengamanan Objek Vital (obvit)  itu bukan hanya dari Polres saja, bahkan dari Brimob Polda  dan Satuan obvit Mabes polri juga ada di wilayah industri ini,”terang Umar yang lahir pada 4 oktober 972 silam itu. Ditambahkannya, target pengamanan  ke dua yaitu diwilayah perumahan dinas pegawai BUMN yaitu di perumahan PT.Krakatau Steel, dan yang ke-3  pengamanan di wilayah perumahan PCI [Pondok Cilegon Indah], “Kenapa di PCI, karena perumahan PCI adalah perumahan pertama berdiri dikota  Cilegon dan menjadi tolak ukur keamanan” Terang Umar yang sebelumnya pernah menjabat kasat Cyber Crime di Polda Metro Jaya ini.

(Bie @kasa)

Comments are closed.