Petilasan Sejarah Yang Terlupakan

1413

 

Bidik Tangerang –

Berdirinya Propinsi Banten sekarang ini tentunya secara fakta maupun realita tidak bisa dilepaskan kaitannya dengan berbagai macam peristiwa heroisme sejarah yang menjadi cikal bakal berdirinya wilayah kita sekarang ini.

Banyaknya tempat bersejarah di Banten tentunya tak bisa dilepaskan hubungannya dengan banyaknya tempat-tempat keramat baik itu makam para suhada, syeh, raja dan juga banyak patilasan-petilasan yang di keramatkan. Namun ada sebuah tempat keramat yang nyaris terlupakan dan dilupakan oleh masyarakat maupun Pemerintah, padahal ditempat itu konon  memiliki nilai historis yang tinggi.

Tepatnya di makam cerelang desa bojong kamal kecamatan legok kabupaten tangerang, terdapat sebuah patilasan dari keturunan Pangeran kian santang dari kerajaan pajajaran bernama Uyut Haji Dwi shara yang konon mensyiarkan agama islam di sana.

Nurhidayat juru kunci patilasan tersebut menerangkan pada bidik banten bahwa patilasan tersebut benar adanya, dan uyut haji dwi shara itu yang mensyiarkan agama islam disini, banyak peziarah datang ke mari dengan berbagai tujuan namun hanya dari sekitar tangerang saja, karena masyarakat belum banyak yang tahu dan pemerintahpun seakan tidak tahu, padahal dari RT hingga Camat tahu bahwa disini ada patilasan keramat, “biaya bangunanpun kami sendiri yang mengeluarkan walau sangat sederhana yang penting para peziarah tidak kepanasan kehujanan. smoga pemerintah  bisa membantu kami” harapnya.

Comments are closed.